7 TIPS KEREN BELAJAR BAHASA BARU

7 TIPS KEREN BELAJAR BAHASA BARU (EHEF INDONESIA version)


1. Biasakan diri untuk "mengenal" bahasa baru yang mau kamu pelajari. 

Setiap hari, coba dengerin lagu, baca buku, nonton film, yang menggunakan bahasa yang lagi kamu pelajari. Quick tips : download e-book atau dengerin podcast yang menggunakan bahasa yang lagi kamu pelajari. 


2. Baca, baca, dan perbanyak membaca.

Mulai dari e-book, novel, e-newspaper, apapun itu, selama menggunakan bahasa yang kamu pelajari, baca ya. 
Minimal 10 menit dan 15 lembar dalam sehari. 


3. Belajar menuliskan bahasa yang sedang kamu pelajari. 

Membiasakan diri dengan bahasa baru, udah. Mendengarkan bahasa baru? Udah. Baca? Udah. Sekarang saatnya menulis menggunakan bahasa tersebut. Susah sih, tapi dengan latihan yang tekun, pasti bisa. 

4. Ikutan kelas Online. 

Kalau bahasa-bahasa dasar sudah bisa, sudah pede dong untuk ikutan kelas online untuk belajar bahasa yang baru? Di internet banyak loh kelas-kelas bahasa online yang menyediakan paket khusus untuk pelajar. 

5. Kembali menulis. Tapi kali ini, dipublish. 

Ilmu dasar kamu udah bisa, ikutan online class juga sudah. Sekarang saatnya praktekin bahasa yang kamu pelajari dengan menulisnya di blog atau jurnal, kemudian tunjukkan kepada orang lain. Ini melatih kepercayaan diri kamu dalam menggunakan bahasa tersebut. 

6. Mulai pelajari kata-kata yang nantinya paling berguna dan sering dipakai.

Namanya belajar bahasa, pasti banyak banget yang kamu pelajari. Mulai dari bahasa resmi dan bahasa tutur, bahasa baku dan bahasa gaul, dan lainnya. Di bagian ini, pelajari kata-kata dan kalimat yang memang bakalan sering kamu gunain nanti. Misal, bahasa sehari-hari dan bahasa untuk penulisan. 

7. Saatnya praktek : Ngobrol langsung pake bahasa yang kamu pelajari. 

Baca? Udah. Belajar nulis? Udah. Bikin artikel pake bahasa itu? Udah juga. Ikutan kelas online? Udah. Sekarang waktunya kamu ber cas-cis-cus menggunakan bahasa itu, biar makin PD. Nggak dapat temen buat prakteknya? Coba sama native speaker. Nggak bisa juga? Ikutan online speaking class juga bisa. 


(Semoga tips-tips ini bermanfaat buat kamu yang sedang belajar bahasa baru.) 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kursus di kota mana saja?

Hak dan kewajiban Au-Pair

Pergantian nama kursus